021 6680223 sales@mitsindo.co.id

BERITA

Apa yang dimaksud dengan Videotron ?

September 27, 2019

LED Indoor atau yang lebih dikenal dengan nama Videotron, umumnya di dunia Audio Visual lebih dikenal dengan nama Narrow Pixel Pitch. Videotron Indoor cenderung tidak memerlukan tingkat pencahayaan yang tinggi, dikarenakan jarak pandang mata manusia yang cukup dekat (kurang dari 5 meter). Teknologi yang digunakan oleh Videotron Indoor adalah teknologi SMD / Surface Mount Device (6 pitch kebawah). Sifat dari Videotron Indoor adalah tidak tahan debu dan tidak tahan air yang dapat dilihat melalui “IP Rate” (ingress protection), yaitu dari dua digit, dimana digit pertama menunjukkan ketahanan terhadap debu dan digit kedua menjelaskan ketahanan terhadap air.

Pixel Pitch (atau dikenal juga sebagai “Dot Pitch”) adalah metode untuk mengukur tingkat kepadatan pixel, perkiraan jarak dalam mm, antara 2 pixel pada tampilan layar LED. Sebagai contoh Layar LED dengan ukuran 4.8 mm Pitch akan ditulis menjadi P4.8, maka Pixel Pitch sering digunakan sebagai tolak ukur tingkat kepadatan dari Videotron atau layar LED.

Semakin kecil ukuran Pixel Pitch, maka resolusi dari sebuah Videotron akan semakin tinggi. Sebaliknya, semakin besar ukuran Pixel Pitch, maka resolusi tampilan layar akan semakin rendah. Oleh karena itu, lebih baik apabila ukuran Pixel Pitch (mm) adalah lebih kecil. Sebagai contoh sebuah Videotron dengan ukuran 16 inch x 9 inch yang memliliki tingkat kerapatan Pixel Pitch sebanyak 1 mm (p1) memiliki resolusi 6 kali lebih tajam dari Videtron yang memiliki Pixel Pitch sebanyak 6 mm (p6).